Kegiatan Penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR)

SOSIALISASI PENGGUNAAN ALAT PEMADAM API RINGAN (APAR)

di SMK BAKTI UTAMA PATI

Kebakaran merupakan kejadian yang tidak diinginkan bagi setiap dan kebakaran merupakan kecelakaan yang berakibat fatal. Kebakaran ini mengakibatkan suatu kerugian materiil maupun kerugian immaterial. Kebakaran dapat terjadi kapan saja dan dimana saja, ditempat kerja maupun bangunan yang dapat beresiko terjadinya bahaya kebakaran. Asrama adalah tempat yang berpotensi terjadinya kebakaran. Salah satu cara pencegahan kebakaran adalah menggunakan APAR.

APAR dianggap lebih efektif untuk memadamkan kebakaran secara dini, agar kebakaran tidak membesar, maka pada kondisi seperti inilah perlu dilakukan evaluasi terhadap sistem sarana pencegahan dan penanggulangan kebakaran pada APAR, berdasarkan PERMENAKERTRANS RI NO.04/MEN/1980 tentang syarat-syarat pemasangan dan pemeliharaan APAR dan NFPA tahun 1998 tentang standart portable for fire extinguisher. Maka harus dilakukan pemasangan APAR dengan menggunakan standar yang sesuai dengan kebutuhan yang ada diarea Asrama mahasiswa/siswa.

Sosialisasi ini diharapkan siswa memahami cara dalam menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dengan benar. Siswa praktik menggunakan APAR agar siswa paham penggunaannya.

20200123_092152

 

Pelaksanaan Kegiatan Siswa dalam Simulasi mengunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) berlangsung lancar dan tertib dengan bantuan dari Osis SMK Bakti Utama Pati. Hasil dari dari Kegiatan Siswa dalam Simulasi mengunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) adalah narasumber memberikan materi dan pemahaman mengenai APAR, lalu narasumber meberikan contok praktik menggunakn APAR. Selanjutnya siswa mempraktikan menggunakan APAR dengan simulasi ada api kecil lalu api kecil disemprot menggunakan APAR. Siswa antusias dalam kegiatan ini begitu meriah dan seruh.

20200123_092257

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

kompetensi

kerja sama