SMK BAKTI UTAMA PATI Menyelenggarakan GELAR KARYA Di Balai Rehabilitasi ODGJ Margo Laras Pati

SMK BAKTI UTAMA PATI Menyelenggarakan GELAR KARYA Di Balai
Rehabilitasi ODGJ Margo Laras Pati

Sebagai bentuk implementasi dari Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) SMK Bakti Utama Pati yang berlokasi di Jl. Ki Ageng Selo No.15, Blaru (Dekat Pentol Blaru Pati Kota), Pati melakukan kegiatan puncak Gelar Karya pada tanggal 15 Maret 2022. Keistimewaan kegiatan ini adalah proses persiapan dan Gelar Karya dilakukan di Balai Rehabilitasi Margo Laras Pati bersama dengan para ODGJ yang sedang dirawat disana. Gelar Karya tersebut mengusung tema “PENDAMPINGAN PENYANDANG DISABILITAS MENTAL DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN KEMAMPUAN BEKERJA”.

Kepala SMK Bakti Utama Pati, Ibu Heni Wulan Susanti, S.E M.Si dalam sambutannya mengungkapkan, “Tujuan kegiatan ini adalah implementasi dari pembelajaran PjBL (Project Based Learning) kepada anak-anak ini dituntut untuk tidak hanya belajar di kelas tapi juga berpikir secara terintegrasi. Mapel (mata pelajaran) tidak hanya berjalan terpisah tapi berkolaborasi menghasilkan produk yang dapat dijual di masyarakat”.

Pengawas SMK, Bapak Riadi Nugroho, M.Pd dalam sambutannya melalui Zoom mengatakan “Kegiatan ini  merupakan kerja sama hasil pembelajaran Project  Based Learning SMK Bakti Utama Pati yang telah dirancang pada bulan Januari kemarin, dengan melaksanakan pelatihan On-In-On-In . Kegiatan hari ini merupakan hasil dari pelatihan tersebut dalam bentuk Gelar Karya yang dilaksanakan bersama ODGJ DI Balai Rehabilitasi Margo Laras Pati”. Pak Riadi turut mengapresiasi Guru serta peserta didik dalam merancang serta melaksanakan kegiatan tersebut.

 

“Dalam pembelajaran PjBL siswa diharapkan dapat menghasilkan produk berupa barang atau layanan jasa yang difokuskan kerja sama dengan Panti Rehabilitasi Margo Laras Pati. Hal ini sangat relevan dengan ruang lingkup SMK Bakti Utama Pati yang membuka dan menyelenggarakan konsentrasi keahlian Keperawatan Sosial (Social Care), Keperawatan Lansia (Caregiver) dan Asisten Keperawatan (Askep). Selain 3 jurusan diatas SMK Bakti Utama Pati juga memiliki konsentrasi  keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM Binaan AHM) dan Tata Kecantikan Kulit dan Rambut (TKKR).”tambahnya.

Seluruh karya yang  ditampilkan di antaranya adalah Konsentrasi keahlian Social care ( Keperawatan Sosial) melakukan pendampingan ODGJ dengan berinteraksi dan menggunakan kemampuan komunikasi  kejiwaan untuk mengaktifkan ODGJ agar mengikuti pelatihan skill yang diajarkan oleh tim guru dan siswa SMK Bakti Utama.

Ada beberapa stand yang dipamerkan dalam acara tersebut yang merupakan karya siswa dan ODGJ. Mulai dari produk masker wajah organik,telur asin, aquascape, karikatur, hiasan bunga flanel, produk pengelasan wadah pot bunga, hingga hand sanitizer yang sangat diperlukan di masa pandemi ini.

 

Tak hanya sampai di situ, Gelar Karya SMK Bakti Utama Pati menyediakan layanan jasa yang sesuai dengan jurusan yang mereka miliki serta bekerja sama dengan Du\Di (Dunia Usaha Dunia Industri). Tersedia layanan servis motor yang dilaksanakan jurusan TBSM (Teknik Bisnis dan Sepeda Motor) yang bekerja sama langsung dengan Astra Honda Motor. Jurusan TKKR (Tata Kecantikan Kulit dan Rambut) menyediakan layanan potong rambut ODGJ, Henna, dan nail art. Turut berpartisipasi dalam acara adalah pihak VENUS COSMETIC dari Kimia Farma Cosmetic. Serta jurusan Kesehatan yang bekerja sama langsung dengan STIKes Bakti Utama Pati menyediakan layanan dan pemeriksaaan kesehatan yang meliputi tes gula darah, tes kolesterol, tes asam urat, tekanan darah, penimbangan berat badan hingga konsultasi kesehatan.

Suasana Gelar Karya semakin meriah dengan diawali senam pagi  bersama siswa, guru, ODGJ serta pegawai BRSPDM Margo Laras Pati. Acara ini turut menampilkan make up character show hasil karya jurusan Tata Kecantikan Kulit dan Rambut. Dalam acara Gelar Karya  juga diputar film-film pendek terbaik karya siswa SMK Bakti Utama.

 

Kepala BRSPDM Margo Laras Pati, Ibu Dra. Jiwaningsih, M.Si menambahkan “Ada beberapa manfaat yang bisa diambil dari kegiatan ini, yaitu mengenalkan tugas fungsi kami dalam memberikan layanan kepada penerima manfaat atau orang awam menyebutnya ODGJ. Kolaborasi dengan SMK Bakti Utama Pati harapannya tidak hanya sampai di sini tapi nantinya akan ada kegiatan lainnya yang lebih bermanfaat bagi kedua instansi”.

Balai Rehabilitasi Margo Laras yang berada dibawah naungan langsung Kementerian Sosial RI dan berlokasi di Margorejo Pati, juga menampilkan karya hasil pelatiahan ODGJ yaitu menunjukkan skill membatik dan hasil kain batik, sepatu lukis, kerajinan sangkar burung, penjualan sayuran hasil kebun, kerajinan kain perca dan manik-manik.

Informasi tentang SMK Bakti Utama Pati bisa menghubungi Bu Heni Wulan Susanti, SE.,M.Si melalui nomor WA : 081225108805. Bisa juga dengan mengunjungI :

Fb : SMK Bakti Utama Pati

Ig : @smk.bup

Web : smkbaktiutamapati.sch.id

e-mail : [email protected]

Fasilitas tersedia Asrama Putri bagi siswa perempuan, dengan pengamanan 24jam.

Pendaftaran PPDB Online : http://s.id/pendaftaransmkbup2022

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

kompetensi

kerja sama