Qurban Berkah Berbagi Bersama Mewujudkan Kerukunan Umat

Perayaan idul adha ditandai dengan penyembelihan hewan yang membawa pikiran, hati dan keimanan kita yang larut pada peristiwa puluhan abad yang lalu yaitu kisah tentang Nabi Ibrahim A.S dan putranya Ismail yang begitu sabar dan patuh pada perintah Allah Swt, yang sisahnya dituliskan dalam Qur’an surat Ash-Shaffat ayat 102-105 yg artinya “Maka ketika anak itu sampai (pada  umur) sanggup berusaha bersamanya, (Ibrahim) berkata, “Wahai anakku! Sesungguh nya aku bermimpi bahwa aku menyembelih-mu, maka pikirkanlah bagaimana pendapatmu!”. Dia Ismail menjawab, “Wahai ayahku! Lakukanlah apa yang dipertahankan Allah ke pada mu, InsyaAllah engkau akan mendapatiku termasuk orang yg sabar”. Maka ketika keduanya telah berserah diri dan dia (Ibrahim) membaringkan anaknya di atas pelipisnya (Untuk melaksanakan perintah Allah”. Lalu kami pangil dia, “Wahai Ibahim !”. suguh engkau telah  membenarkan mimpi itu. Sungguh, demikianlah kami memberi balasan kepada orang-orang yg berbuat baik”. Peristiwa ini membawa kesan yg sangat mendalam bagi kita betapa tidak selama bertahun-tahun Nabi Ibrahim menunggu kehadiran sang buah hati ternyata di uji allah untuk menyembelih putranya sendiri, Ismail. Nabi Ibrahim dituntup untuk memilih perintah allah atau mempertahankan putranya dengan tidak mengindahkan perintah Allah. Sebuah pilihan yg dilematis, karena di dasarin dengan sebuah ketakwaan yg kuat kepada allah, perintah Allah pun di laksanakan, walau pada akhirnya Nabi Ismail tidak jadi di sembelih dengan digantikan dengan seekor domba.

Perintah Allah kepada Nabi Ibrahim untuk menyembelih anaknya di saat Nabi Ibrahim tengah bahagia dengan kehadiran putra kesayangannya, Ismail begitu mengandung pembelajaran penting bagi peningkatan kualitas seorang muslim.

Pelaksanaan Penyembelihan Hewan Qurban yang diadakan di SMK Bakti Utama Pati berlangsung lancar dan tertib dengan bantuan dari Osis SMK Bakti Utama Pati dan BEM STIKES Bakti Utama Pati.

Hasil dari dari Penyembelihan Hewan Qurban SMK Bakti Utama Pati adalah panitia menerima 1 ekor kambing dari kepsek SMK Bakti Utama Pati atas nama Inara Bakhitah Nizar, 1 ekor kambing hasil dari Siswa & Guru/Karyawan SMK Bakti Utama Pati, 1 ekor kambing hasil dari Mahasiswa dan Dosen/Karyawan STIKES Bakti Utama Pati, 1 ekor kambing untuk alm. Bapak Panidin dan 1 ekor sapi dari Ketua Yayasan. Dari 4 kambing dan 1 sapi menghasilkan 555 bungkus dengan rincian 303 didistribusikan ke masyarakat sekitar lingkungan Bakti Utama Pati, 170 untuk SMK Bakti Utama Pati, 40 untuk STIKES Bakti Utama Pati, 25 untuk di Kudus, dan 17 untuk panitia.

Kegiatan penyembelihan hewan qurban pada hari raya Idul Adha tahun 2019 merupakan suatu bentuk amalan dan wujud mensyukuri nikmat dari Allah SWT bagi siswa SMK Bakti Utama Pati. Sebagai contoh bagi siswa dapat meningkatkan jiwa sosial dan rasa kepedulian terhadap sesama. Tidak ada kendala yang begitu serius dalam qurban tahun ini jadi tidak banyak yang perlu di evaluasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

kompetensi

kerja sama