LOMBA SAFETY RIDING SKILL COMPETITION TAHUN 2019

Keamanan dan keselamatan dalam berlalu lintas merupakan dambaan dari seluruh pengguna jalan. Namun ironis, pengemudi kendaraan bermotor di Indonesia pada umumnya mengemudikan kendaraan tanpa dibekali dengan pengetahuan dan ketrampilan mengemudi serta etika berlalu lintas yang benar. Akibatnya jalan raya menjadi semacam “Killing Ground”, bagi para pengguna jalan.

Korban laka lantas setiap hari bergelimpangan di jalan raya, tanpa mengenal tua maupun muda, laki-laki ataupun perempuan. Kecelakaan lalu lintas jalan tidak hanya mengakibatkan hilangnya nyawa seseorang, tetapi juga menimbulkan kerugian ekonomi dan mengganggu produktifitas kehidupan. Setiap saat kita dapat menjadi korban kecelakaan, karenanya kurang pengetahuan, ketrampilan dan etika berlalulintas. Pengguna jalan kurang memperhatikan keselamatan berlalu lintas.

68561538_827607414301222_6596064190257954816_o

Kecelakaan lalu lintas bukan nasib. Kecelakaan lalu lintas terjadi selalu diawali dengan adanya pelanggaran pengguna jalan, yang berakibat merugikan diri sendiri dan pengguna jalan lain.Oleh sebab itu sudah saatnya kita memikirkan bagaimana menyelamatkan para pengguna jalan, agar tidak menjadi korban sia-siadi jalan raya karena ketidaktahuan mengenai arti pentingnya keamanan dan keselamatan dalam berlalu lintas di jalan raya. Keamanan dan keselamatan berlalu lintas tersebut harus diwujudkan dengan langkah nyata melalui proses pendidikan dan pelatihan mengemudi atau sekolah mengemudi.

Hampir seluruh masyarakat pengguna jalan mengemudikan kendaraan di jalan, tanpa melalui proses belajar di sekolah mengemudi dengan benar. Masyarakat selama ini tidak pernah diberi edukasi tentang pengetahuan, ketrampilan teknik mengemudikan kendaraan bermotor dan etika berlalu lintas di jalan. Secara faktual, hal ini terlihat dengan tidak adanya budaya saling menghargai antara sesama pengguna jalan, terjadinya saling serobot dan tidak ada yang mau mengalah. Akibatnya, banyak terjadi pelanggaran, kecelakaan dan kesemrawutan dalam berlalu lintas di jalan.

Di negara lain orang berlalu lintas sangat tertib. Mereka mengetahui akan aturan dalam berlalu lintas : bagaimana saling menghargai, siapa yang harus diprioritaskan dan sebagainya. Semua berjalan secara mekanik seolah-olah bagaikan robot. Hal ini bisa terjadi karena mereka sebelum mengemudikan kendaraan telah diberi pendidikan dan pengetahuan tentang aturan berlalu lintas, teknik berkendaraan serta etika berlalu lintas. Tertib lalu lintas mencerminkan budaya bangsa.

68297631_827607197634577_9147976063521914880_o

Pelaksanaan Lomba Safety Riding Skill Competition Tahun 2019 tingkat Kabupaten yang dilaksanakan di SMK Bhina Tunas Bhakti berkerjasam dengan PT Astra Honda Montor. Rangkaian kegiatan meliputi pendaftaran peserta, lalu pembukaan, materi tentang “Safety Riding”, simulasi “Safety Riding”, lalu Safety Riding Skill Competition dan terakhir penutup.

Pelaksanaan Lomba Safety Riding Skill Competition Tahun 2019 tingkat Kabupaten berjalan dengan lancar dengan hasil yang memuaskan. Dari lomba tersebut Davian Rinanda mampu meraih prestasi dengan mendapat juara 1 cabang putra, untuk cabang putri masih belum beruntung. Semoga dengan menjuarai perlombaan seperti ini mampu memotivasi siswa-siswi SMK Bakti Utama Pati yang lain untuk terus mengasah kemampuan mereka meraih prestasi

Kegiatan perlombaan berlangsung aman dan tertib. Perlunya mempersiapkan diri sebelum bertanding agar percaya diri tinggi dan kemampuan terasah. Semoga kedepannya mampu meningkatkan prestasi menjadi lebih baik. Kegiatan ini sangat bermanfaat dan mengapresiasi kita semua untuk selalu menjaga keselamatan dalam berkendara serta menjalin silaturahmi antar siswa. Selanjutnya perlombaan seperti ini akan terus kami ikuti dan melatih perkembangan siswa kearah yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

kompetensi

kerja sama